Telp: (021) 777-214-557 | Mail : ummulqurodepok@gmail.com



Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kajian Ilmu - Dibaca: 2 kali


Tips dan trik agar bulan Ramadhan Total Action

 
 
 
 
Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, alangkah baiknya kita sedari awal membuat rencana. Aktivitas ibadah apa saja yang akan kita lakukan agar bulan Ramadhan tahun ini menjadi lebih bermakna. 
Yuk, kita susun satu persatu,
 
 
  1. Usahakan sholat fardhu tepat waktu dan berjamaah terutama laki-laki di mesjid. Untuk perempuan minimal berjamaah dengan anak atau saudara di rumah. Rencanakan tempat kita melaksanakan sholat tarawih. Bisa di lingkungan tempat tinggal, atau mencari mesjid dengan imam sholat dengan target 1 malam 1 juz Al Qur'an, terutama di sepuluh hari terakhir, dimana kita akan melakukan i'tikaf.
  2. Berniat shaum Ramadhan karena Allah taala. Bukan karena niat yang lain, misalnya ingin diet atau yang lainnya. Karena hanya shaum lah ibadah yang dilakukan manusia untuk Robb nya.
  3. Supaya badan kita tidak kaget, bisa kita latih dari bulan sya'ban ini untuk berpuasa sunnah senin dan kamis.
  4. Buat target berapa kali khatam Alqur'an selama bulan Ramadhan. Petakan kemampuan kita utk mencapai target tersebut. Rencana tilawah harian, waktu-waktu tilawah yang tepat, dan target berapa halaman tilawah setiap kali kita tilawah Al Qur'an.
  5. Jika target kita khatam 1 x berarti satu juz harus selesai dalam 1 hari. Perlu antisipasi untuk kaum akhwat yang punya tamu bulanan. Berarti target satu hari harus lebih dari 1 juz. Sebagai catatan, target tilawah Al Qur'an kita tidak hanya kuantitas saja tetapi juga berkualitas. Minimal kita membaca terjemahan dari ayat Al Qur'an yang kita baca. Syukur -syukur bisa kita tadabburi dan mengkaji tafsir ayat -ayat Al Qur'an tsb.
  6. Perbanyak dzikir dalam setiap kesempatan dan berkata yang baik. Jika kita tidak mampu berkata baik lebih baik diam.
  7. Usahakan menghadiri majelis ilmu minimal seminggu sekali. Ingat ya menghadiri, beda jika kita hanya menonton televisi atau mendengar radio acara kajian -kajian islami. Agar kita meraih pahala dan keberkahan dalam majelis ilmu tsb.
  8. Jauhi tv ( banyak iklan yang mengumbar aurat yang akan mengurangi pahala puasa kita, jauhi acara gosip, menonton lawak yg cenderung kasar dan banyak celaan, apalagi sinetron yang kurang bermutu alur ceritanya). Acara televisi biasanya ramai saat sahur dan mendekati waktu berbuka. Hal ini perlu kita cermati. Bahwa waktu-waktu tersebut adalah waktu yang mustajabah untuk kita berdoa. Perbanyak dzikir dan berdoa lebih baik daripada kita habiskan untuk menonton tayangan televisi.
  9. Jangan biarkan ada jadwal kosong setiap hari selama Ramadhan. ada baiknya kita rancang kegiatan yg asyik dari sekarang (buku-buku apa saja yang akan kita baca selama Ramadhan, kajian yang akan kita hadiri , pesantren kilat, ifthor jamai dengan keluarga, teman, saudara dan lainnya, silaturahmi, acara sosial dll)
  10. Persiapkan harta terbaik kita untuk zakat, infaq dan sedekah. Rencanakan kemana akan kita salurkan.
  11. Sertakan jejak-jejak kebaikan dalam semua aktivitas kita (sbelum berpindah dr satu tempat/kegiatan, fikirkan jejak kebaikan apa yg sdh kita tebarkan)
  12. Agar Ramadhan ini mengesankan, tutup dengan amalan-amalan kita yang terbaik. Di akhir Ramadhan, Buat evaluasi apa yang kita rencanakan dengan aktivitas real yang kita lakukan. Apakah sesuai, lebih buruk atau justru lebih baik.
 
Insyaallah, jika kita ber azzam dan berkomitmen, bulan Ramadhan tahun ini akan lebih bermakna dan lebih baik daripada Ramadhan tahun sebelumnya. 
 

Siti RukoyahBIO

Siti Rukoyah, SP

Adalah bagian dari Tim Penjamin Mutu Yayasan Ummu'l Quro Depok. Beliau juga sebelumnya adalah pengajar dari SDIT Ummu'l Quro Depok dan Wakil Kepala Sekolah SDIT yang bertanggung jawab terhadap kurikulum.