Telp: (021) 777-214-557 | Mail : ummulqurodepok@gmail.com



Profil dan Sejarah YUQD


Diposting tanggal: 14 Januari 2015

Yayasan Ummu’l Quro Depok Beji, berkedudukan di Jl. H. Sinda No 54, rukun tetangga 09, rukun warga 04 kelurahan Beji, kecamatan Beji, Kota Depok, sesuai akta nomor 04 tanggal 31 Juli 1999 yang dibuat oleh Notaris Trusti Hendrawati, SH, berkedudukan di parung, Kabupaten Daerah Tingkat II Bogor, Akta nomor 06 tanggal 05 Juni 2004 dan Akta nomor 05 tanggal 15 Maret 2005 yang dibuat oleh Notaris Yunirman Rijan, SH berkedudukan di kabupaten Bogor dan disahkan oleh Departemen Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum No C-384.HT.01.02.TH 2005 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 28 Maret 2005.

batu pertama

Yayasan Ummu’l Quro Depok Beji, berdiri pada tgl 1 juni 1996, dengan diselenggarakannnya sebuah lembaga pendidikan usia dini, yang ketika itu kami beri nama “Taman Al-Qur’an Terpadu Ummu’l Quro Depok “

Semangat kami mendirikan yayasan Ummu’l Quro Depok, didasarkan pada keprihatinan yang mendalam melihat setiap hari putra-putri yang berasal dari keluarga muslim diantar jemput dengan menggunakan bus sekolah berlogo sekolah-sekolah non muslim, hingga kami merasa bahwa kondisi tersebut harus segera diakhiri, dengan membuat lembaga alternatif yang menarik masyarakat sekitar.
Persiapan membuat lembaga ini kami lakukan dengan melakukan study banding ke berbagai TK yang ada di Jabodetabek, baik sekolah Islam, umum bahkan kesekolah-sekolah non muslim.

Ketika perlengkapan lunak telah kami siapkan dengan sebaik mungkin, ternyata kami belum memiliki tempat untuk melakukan aktifitas yang kami rencanakan, Alhamdulillah dengan pertolongan Allah SWT kami mendapatkan pinjaman gedung bekas mini market yang sudah tidak dipergunakan lagi,yang terletak di jalan MI Ridwan Rais no 54 Beji Timur, Depok. Dalam waktu  dua bulan sebelum pendaftaran murid baru gedung tersebut kami renovasi menjadi layak untuk sebuah lembaga pendidikan, dengan pertolongan dan izin Alloh SWt tiga hari menjelang pendaftaran siswa baru gedung sudah dapat diselesaikan dan layak untuk kegiatan pembelajaran.


Animo masyarakat, subhanalloh diluar perkiraan kami, tahun pertama ada 35 orang siswa yang mendaftar di Taman Al-Qur’an Terpadu Ummu’l Quro yang mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama, tetapi ada sebuah sejarah yang tidak akan pernah kami lupakan pada hari pertama pendaftaran, seluruh perangkat telah disiapkan tetapi ternyata tinta untuk bak stempel terlupakan, alhamdulillah ada salah seorang dari kami yang membawa obat sariawan genetian violet yang berwarna ungu yang akhirnya kami pergunakan sebagai tinta bak stempel.  Hingga warna ungu sampai sekarang menjadi bagian dan saksi sejarah yang tak terlupakan.Alhamdulillah tahun 2009 ini Taman Al-Qur’an Ummu’l Quro Depok pun mendapatkan izin operasional juga dari Dinas pendidikan kota Depok.

Akreditasi